Senin, 30 Agustus 2010

ISLAM MENEBAR KASIH SAYANG UNTUK SEMESTA ALAM

Banyak orang salah paham terhadap Islam. Agama ini selalu diidentikkan dengan kekerasan, kebrutalan dan aksi-aksi biadab lainnya.

Faktanya tidaklah demikian. Setiap muslim mengakhiri sholat atau sembahyangnya selalu ditutup dengan mengucapkan salam sejahtera ke arah kanan dan kirinya.

Ada pesan filosofis dari hal itu. Bahwa setiap pribadi muslim harus membawa misi kasih sayang juga perdamaian ke sekelilingnya bahkan ke seluruh alam semesta.

Bahkan Islam mengajarkan untuk menyembelih binatang harus memakai pisau yang tajam. Islam juga mengajarkan dalam berperang untuk tidak membunuh wanita dan anak kecil. Bahkan merusak keindahan alam dan bangunan secara membabi buta.

Sesungguhnya tuduhan negatif kepada Islam disebabkan kebencian yang penuh emosi tidak memakai alasan yang rasional. Jika hal ini bisa didiskusikan tentu akan tercapai suatu pemahaman yang lebih jernih terhadap Islam.

Islam tidak membolehkan ummatnya untuk berperang kecuali bila ditindas oleh penjajah yang tidak memiliki rasa prikemanusiaan. Islam membolehkan ummatnya berperang untuk mempertahankan dan membela diri.

Islam juga memerintahkan ditegakkannya keadilan kepada semua manusia apapun bangsa dan agamanya tidak dibedakan.

Melalui ajaran zakat juga Idul Qurban, Islam datang dengan ajarannya untuk peduli sesama. Bahkan zakat merupakan solusi terhadap celah antara si kaya dan si miskin. Bila saja sistem zakat ini diberdayakan dengan maksimal maka lonceng kematian para kapitalis akan berbunyi. Sebab Islam tidak membenarkan penghisapan ekonomi oleh manusia terhadap manusia yang lainnya secara tidak adil.

Bila anda melihat kekerasan yang dilakukan oleh mereka yang mengaku sebagai muslim maka hal itu bukanlah mewakili ajaran Islam yang sebenarnya. Mereka yang mengaku muslim dan memakai cara kekerasan dalam perjuangannya disebabkan rasa frustrasi dan putus asa karena cara diplomatik tak kunjung berhasil.

Melalui tulisan sederhana ini saya ingin menyampaikan rasa selamat dan gembira atas kebijakan pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Obama yang bersimpatik kepada kaum muslimin warga negara Amerika maupun pendatang di saat gelombang kebencian dan ketakutan terhadap Islam sangatlah dahsyat.

Dan pesanku kepada saudara seiman untuk selalu menjaga Akhlaq yang baik dimanapun kita berada karena sadarilah kita adalah para duta Islam yang akan dilihat dan dinilai orang. Di pundak kita terpikul tugas yang tidak ringan untuk mengambalikan keharuman nama baik Islam di seantero jagad.

Akhirnya kuucapkan Selamat Idul Fitri 1431 H Semoga Allah Swt selalu merahmati kita Amiiin

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel terkait lainnya