Sabtu, 25 September 2010

Mas 'Jarkoni Ikut Group Nato'


Di sebuah kawasan perumahan di utara kota Jakarta. Terpilihlah seorang ketua RW baru bernama Mas Jarkoni.
Warga memilihnya karena ia seorang yang berpendidkan tinggi, mudah bergaul pula. Bahkan pintar memberi saran juga pandangan yang visioner tentang bagaimana tata kelola daerah pemukiman.

Tatkala pemilihan ketua RW, semua calon harus menyampaikan visi dan misi jika terpilih nanti. Dan Mas Jarkoni sangat memukau dalam menyampaikan visi dan misinya. Sehingga tanpa disuruh dan tanpa money politic, secara mutlak Mas Jarkoni menang.

Sepekan setelah menjabat sebagai ketua Rw, Mas Jarkoni langsung memimpin rapat kabinet Rw. Pada acara rapat perdana ini, kembali Mas Jarkoni menyampaikan janji-janji yang telah ia sampaikan seperti pada saat pemilihan ketua Rw. Seperti program keamanan lingkungan terpadu, soal kebersihan, penyemprotan nyamuk demam berdarah, program sosial dsb.
Apa yang ia sampaikan, membuat staf Rw, terkesima. Apalagi para petugas keamanan lingkungan (hansip) sangat berharap realisasi pidato Rw baru itu. Betapa tidak ? Karena para petugas keamanan, dijanjikan kenaikan tunjangan bulanannya.
Sebulan sudah Mas Jarkoni menjabat Rw, warga mulai bertanya, bagaimana dan kapan janjinya akan terealisaikan ?? Herannya Mas Jarkoni akhir-akhir ini jarang terlihat. Kata istrinya, Mas Jarkoni sering pulang malam dan berangkat pagi-pagi buta. Maklumlah Jakarta adalah kota macet lalu lintasnya.

Sudah tiga bulan menjabat belum ada satupun janji manis Mas Jarkoni yang terwujud. Bahkan ketika memimpin rapat Rw, Mas Jarkoni sering berkelit dan berargumen karena berbagai sebab, janjinya belum dapat terwujud.

Pada saat meninjau persiapan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Mas Jarkoni memberi arahan kepada panitya agar berkerja sebaik mungkin. Juga menyapa ibu-ibu yang latihan paduan suara. Tapi nyatanya Mas Jarkoni sangat pintar memposisikan diri. Apalagi wajahnya yang ganteng dan murah senyum. Banyak ibu-ibu muda yang semula ingin bertanya tentang janji-janji Mas Jarkoni sebelum jadi Rw, menunda niatnya itu. Segan sih !
Dan hampir setahun menjadi Rw, Mas Jarkoni baru satu janji yang ia buktikan yaitu program siskamling. Itupun setelah ada teguran dari pihak kelurahan dan para ketua Rt. Lama kelamaan banyak warga yang semula kagum dan simpatik terhadap kepribadian Mas Jarkoni yang terlihat visioner, menjadi kecewa berat. Karena Mas Jarkoni ternyata hanya pandai tebar janji dan tebar pesona saja.
Harapan para warga Rw untuk memiliki ketua Rw yang pintar dan memiliki visi kedepan ternyata pupus hingga masa jabatan Mas Jarkoni habis. Dan anehnya Mas Jarkoni seperti tidak memiliki dosa, ia tetap percaya diri berargumen dan berkelit dengan berbagai macam cara dan alasan tatkala banyak warga yang menanyakan perihal janji-janjinya dulu.
Semoga kisah singkat ini menjadi pelajaran bagi diriku dan dirimu agar berhati-hati dengan janji yang diucapkan. Kecuali kita mau ikut Mas Jarkoni menjadi anggota group "NATO", yaitu Not Action Talk Only. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel terkait lainnya